YayBlogger.com
BLOGGER TEMPLATES

I made this widget at MyFlashFetish.com.

Jumat, April 01, 2011

April, Please Be Nice ;)

Helloooo April... Are you hating me?
Helloooo Customer... Are you annoying me?

Customer Service, customer: pelanggan. Service: pelayanan. Customer service, layanan kpd pelanggan. Anggep aja gitu. Tiap hari senyum itu modal utama, kewajiban. Apapaun yg terjadi, tersenyumlah! Bolehlah kalo customernya baik.

2 hari ini gila ni kerjaan gue. Customer yang dateng ke gue kebetulan lagi pada datang bulan mungkin. Cowo? Ada. Ya dia juga dateng bulang paling. Gila, lebih parah bad mood nya daripada cewe kalo lagi PMS! Atau kemungkinan lain dia punya penyakit darah tinggi?

Sedikit cerita tentang pengalaman bersama customer-customer PMS...

Customer hari pertama,
Doi adalah seorang nenek. Jadi ceritanya Hp dia kan rusak. Itu udah sekitar 3 bulan yang lalu dia service Hp di tempat gue kerja. Nah, setelah hp jadi dan tiba waktunya si nenek ngambil, doi marah-marah tu. Kenapa? Mau tau aja lo! Hahaha. Ya mungkin karna si nenek ngerasa service nya lama. Padahal service kan cuma sebulanan lah. Lah dia ngambil baru 3 bulan kmudian. Kyk gitu salah siapa? Salah gue? Salah tetangga gue? Salah temen-temen gue labil itu? Hahaha. Udahlah ya, pas waktu bayar, dia maunya bayar setengah. Ais nek. gue juga mau kali. Ya sudahlah dengan berat hati gue menentang kemauan si nenek yang cuma mau bayar setengah, dan dia tetep marah-marah sama gue. Nek.. Bukan gue yang nyervis Hp lo, sumpah! Dan menyerahlah gue, I give that nenek to my Supervisor, Pak Eko... You are my hero :') hahaha lebay anjis. Ya gitu. Entah di omongin apa, pas gue balik ngadepin nenek, dia yang udah senyam senyum gitu. Walopun masih sedikit ngedumel. Yaah Pak Eko memang tau dan berpengalaman dalam menghadapi customer serewel apapun. Setau gue sih dia ngelakuin sama kayak apa yang gue lakuin, penjelasan. Tapi bedanya, dia selalu senyum sama si nenek. Mungkin itu kali ya yang buat si nenek jadi kalem. Simply thing, smile :)

Oke, lanjut ke Customer hari kedua,
Fiuuhh... Agak males juga nyeritain yang ini nih. Songong. Untung gue ga kenal lo pak. Kalo kenal juga ga bakalan gue apa-apain si, hahaha. Jadi ceritanya tu si Bapak kan service Hp di konter dpn kantor gue, nah ama si konter hp nya si bapak itu dibawa ke tempat gue gawe, pas waktunya udah jadi tp ternyata belum jadi karena sang Bapak tidak bisa di konfirmasi via telfon, dan si konter yang 'gak tau apa-apa' itu nyuruh si Bapak langsung nge cek aja ke kantor gue. Jeng jeeeng, "Selamat siang Bapak, dengan saya bla bla bla, silahkan duduk, ada yang bisa di bantu?". Mulai sang Bapak menanyakan hp nya udah jadi apa belom. "Bentar Bro, gue cek dulu ya!" kata gue. Haha, percaya ga lo gue ngomong gitu? Engga? Baguslah -___-'
Iya, gue cek, ternyata hp nya blm jadi, gue balik ke depan dan ngomong sama doi "Bapak Hpnya ex cairan, jadi garansinya batal dan di kenakan biaya service." (ex cairan itu hp nya dia rusak karna kena cairan, prosedur kantor kalo hp kena cairan, jatuh dan pernah service di tempat lain itu garansinya bakal batal krna itu misuse. Misuse adalah kesalahan pengguna. Ngerti? Good. Ga ngerti? Derita lo,hahaha.) Nah, abis gue jelasin kayak gitu die ga terima tuh. Ngakunya ga pernah kena aer, dan dia berasumsi bahwa pihak 'Kita' lah yang sengaja nyiram aer ke hp dia supaya garansi batal dan dia bayar. Bego! Kalo emang niat gitu dari dulu kali, semua hp kita rendem dalem baskom biar garansi batal dan semua bayar. Bapaaak bapak... Saya ga ngerti sama jalan pikiran bapak. Sempit kayak celana jeans saya sekarang. Lah darisitu dia mulai ngomel-ngomel ga jelas. Sekali lagi pak, kalo gue boleh teriak di kuping lo ya, "BUKAN GUE YANG BENERIN HP LO WOY!" Gue cuma nyampein apa yang di bilang teknisi gue karna dia yang ngerti. Malah di bilang teknisinya ga becus lah, bla bla bla. Lo bisa pak benerin sendiri? Kalo bisa benerin coba, sekalian jalan pikiran lo dibenerin biar mikirnya bener. Dan yang bikin gue ngakak, doi bilang gini "Temen saya banyak loh mbak, bisa aja saya masukin ke media." Hahaha, spontan gue pengen bilang silahkan loh pak, Nama saya bla bla bla, twitter sama Fb saya sekalian ya pak, tolong promosiin biar saya famous dadakan. Koran pak? Tv juga boleh kali pak.. Hahahahahaha. Liat gue ga takut doi ngomong gitu, dia masih aja ngulang-ngulang omongan yang sma tentang pengaduan ke media. Yaaah bodo lah pak. Gue anggep lo nyanyi buat gue. Sudah berlalu ajalah abis dia ngomel. Gue peduli Pak? Ati ati di jalan. I just give him the best smile of the day :)

Itulah sekilas gue ceritain tentang awal gue dapet customer customer nyebelin selama gue gawe. Pelajarannya adalaaaaahhhhh *gaya fitrop*
yang pertama,

bola-senyum.jpg


Senyum.
Rasulullah saw. bersabda, “Senyumanmu di hadapan saudaramu adalah sedekah”. (HR. Tirmidzy).
Hidup ini seperti cermin, kita mendapatkan hasil terbaik ketika kita tersenyum pada itu. ~Author Unknown.

Kedua,
Setan belau hantu belau, siapapun itu, Presiden sekalipun, jangan pernah takut kalo lo ga salah!
~My Best Mother.

See, semua itu ada hikmahnya selama lo belajar dari hal tersebut. Kita ga akan pernah tumbuh tanpa pelajaran.
Suatu pekerjaan, satu paket sama konsekuensi nya. Mau ga mau, suka ga suka, harus lo terima.

"Opportunities are usually disguised as hard work. So, most people doesn't recognized them."

5 komentar:

  1. Duh...curhat ya neng...kasian..tp dari semua kejadian itu kita bisa ambil pelajaran untuk kita disetiap pekerjaan nanti..percaya deh ada cust yg lebih ganas daripada ini..yg penting tetep senyum..pait manis itu urusan entar coz yang harus kamu lakukan adalah profesional terhadap cust kamu..jangan lupa terus belajar disana dari banyak kejadian..pasti kamu bakalan paham dan lebih ngerti tentang bidang pekerjaanmu ini..jangan lupa liat temen kamu sesama cust service,gimana mereka bekerja,ambil semua yang positif dari mereka,cara mereka..okey...
    sekian coment dari orang jail,usil dan nyebelin..haha
    oh ya..jgn diambil hati kelakuan gue,,haha semua bercanda..biar ga stress di kerjaan...ahahaha....
    @ramatengil

    BalasHapus
  2. Tumben si bocah ngomennya bener. Otaknya lg waras mgkn :)) thankyou brad!

    BalasHapus
  3. hahaha...dari dulu gue udah pinter seh...hahaha...*sombong*
    intinya jangan bosen2 kalo dimarahin customer..kamu kudu bisa setting cust km sendiri.. ambil positif dari cara pak eko handle cust biar cepet2 pinter kamu...ahaha...
    oh ya,blognya mbok ditata yang rapi...jam nya dibenerin..salah tuh...biar enak diliat..okey....

    BalasHapus
  4. siaaaap abang :) wish me luck yah! cemungudh

    BalasHapus
  5. bagus....ahahaha...
    cemungudh lah pokoknya.....

    BalasHapus

Text Widget

I Dewa Ayu Made Dwi Widyasari